yuk main-main....

Informasi lebih rinci silakan hubungi 08127397697 atau melalui email playonsriwijaya@gmail.com

Jumat, 09 Januari 2015

Melakukan Pemanduan Kegiatan Tali Tinggi (High Rope)_ SKKNI Kepemanduan Outbound _PAR.EL02.007.01



 
Ilustrasi Kegiatan "Tali Tinggi" (oleh Blogger)
LAMPIRAN
KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
REPUBLIK INDONESIA

NOMOR  KEP.329/MEN/XII/2011

TENTANG
PENETAPAN RANCANGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA SEKTOR PARIWISATA
BIDANG KEPEMANDUAN OTBOUND / FASILITATOR EXPERIENTIAL LEARNING
MENJADI STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA

KODE UNIT                          :  PAR.EL02.007.01
JUDUL UNIT                        :  Melakukan pemanduan Kegiatan Tali Tinggi (High Rope)
DESKRIPSI UNIT               :  Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam memandu kegiatan tali tinggi.

ELEMEN KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
1.    Melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan
1.1. Sistem pengamanan dan keselamatan diperiksa sesuai dengan prosedur operasional
1.2. Lokasi kegiatan tali tinggi diperiksa
1.3. Peralatan diperiksa sebelum kegiatan dimulai
1.4. Kondisi alam dimonitor
1.5. Setting peralatan lintasan yang telah disiapkan, diperiksa
1.6. Permintaan perbaikan atau perubahan setting peralatan lintasan diajukan kepada pihak terkait
2.    Mengurangi dampak terhadap lingkungan
2.1. Dampak kegiatan tali tinggi terhadap lingkungan   diidentifikasi
2.2. Check peralatan sebelum kegiatan dimulai, dilakukan
2.3. Prosedur dan tindakan untuk mengurangi dampak lingkungan, diterapkan
3.    Mengawasi pelaksanaan kegiatan tali tinggi
3.1. Kesiapan peserta diperiksa dalam melakukan kegiatan tali tinggi
3.2. Informasi dan instruksi untuk melakukan permainan tali tinggi termasuk sistem keamananan dan keselamatan diberikan pada peserta
3.3. Situasi gawat darurat pada kegiatan tali tinggi, diatasi
4.    Menutup kegiatan
4.1.  Evaluasi kegiatan dilakukan.
4.2.  Laporan kegiatan disiapkan
4.3.  Perbaikan sumber daya dilaporkan kepada penanggung jawab


BATASAN VARIABEL :

1.    Konteks variabel
Unit ini berlaku untuk melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan, mengurangi dampak terhadap lingkungan,  mengawasi pelaksanaan kegiatan tali tinggi, menutup kegiatan yang digunakan untuk memandu kegiatan tali tinggi pada sektor pariwisata bidang experiential learning.

2.    Perlengkapan untuk memandu kegiatan tali tinggi, mencakup tidak terbatas pada: 
2.1.      Peralatan untuk memasang lintasan/elemen tali tinggi, dapat berupa Sling baja (wire rope), tali, tangga, pulley, nuts, trekker, wire clamp (U bolt), webbing (tape ropes), eyebolt, shackles, wire rope grip, dan sebagainya
2.2.      Peralatan keamanan dan keselamatan untuk kegiatan, berupa tali kernmantle (statis atau dinamis), ascender (figure 8), belay devices (ATC, belay plate)
2.3.      Peralatan keamanan dan keselamatan personal (sit harness / full body harness, helmet, carabiner, cow tails, crab claw, dan sebagainya)
2.4.      Perlengkapan pribadi (standar pakaian untuk berkegiatan, alas kaki, sarung tangan, dan sebagainya)
2.5.      Peralatan untuk penyelamatan (rescue) yang terpisah dari peralatan kegiatan dan hanya digunakan oleh staff, yaitu meliputi sit harness, helmet, ascender, belay devices, prusik loops, tang/catut, pisau, tangga darurat, karabiner, pulley cadangan 
2.6.      Peralatan P3K dan sumber daya dukungan (tim medis, dsb)
2.7.      Peralatan komunikasi (radio HT, handphone)

3.    Tugas pekerjaan untuk memandu kegiatan tali tinggi, meliputi :
3.1.      Merencanakan kegiatan tali tinggi
3.2.      Mengurangi dampak terhadap lingkungan
3.3.      Membuat urutan kegiatan sesuai program, jika terdiri lebih dari 1 elemen kegiatan tali tinggi
3.4.      Membangun sistem pengamanan tali tinggi
3.5.      Melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan dimulai
3.6.      Mengawasi penggunaan kegiatan tali tinggi
3.7.      Menyimpulkan kegiatan

4.    Peraturan-peraturan untuk memandu kegiatan tali tinggi, meliputi :
4.1.    Undang – undang no 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan
4.2.    Undang-undang republik indonesia nomor 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja beserta turunannya.
4.3.    Peraturan kerja yang berlaku di organisasi
4.4.    Standard Operating Procedure yang berlaku di organisasi terkait kegiatan tali tinggi, ataupun protokol yang berlaku secara nasional
4.5.    Petunjuk baku penggunaan peralatan yang dikeluarkan oleh produsen (pabrikan)

PANDUAN PENILAIAN :

1.    Penjelasan prosedur penilaian
Alat, bahan dan tempat penilaian serta unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya yang diperlukan sebelum menguasai unit kompetensi ini dengan unit-unit kompetensi yang terkait :
1.1.    Unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya, meliputi :
1.1.1 Menganalisis Resiko Dalam Kegiatan
1.1.2 Mengatur Peralatan dan Sumber Daya untuk Program
1.1.3 Menolong korban
1.2.    Unit kompetensi yang terkait, meliputi :
1.2.1 Merencanakan Program Kegiatan Rekreasi (jika kegiatan tali tinggi merupakan bagian dari Program)
1.2.2 Merencanakan Program Kegiatan Pembelajaran (jika kegiatan tali tinggi merupakan bagian dari Program)
1.2.3 Melaksanakan Pemanduan Kegiatan Rekreasi (jika kegiatan tali tinggi merupakan bagian dari Program)
1.2.4 Melaksanakan Program Kegiatan Pembelajaran (jika kegiatan tali tinggi merupakan bagian dari Program)

2.    Kondisi penilaian
2.1.    Kondisi penilaian merupakan aspek dalam penilaian yang sangat berpengaruh atas tercapainya kompetensi ini terkait dengan memandu kegiatan tali tinggi
2.2.    Penilaian dapat dilakukan dengan cara : lisan, tertulis, demonstrasi/praktek, dan simulasi di workshop dan atau di tempat kerja.

3.    Pengetahuan yang dibutuhkan : 
      Pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini, adalah sebagai berikut:
3.1.    Jenis atau tipe kegiatan tali tinggi serta obyektif umum dalam setiap jenis atau tipe tali tinggi (diperjelas).
3.2.    Prosedur keamanan dan keselamatan dalam kegiatan
3.3.    Pengetahuan mengenai simpul dan penggunaannya
3.4.    Variasi sistem belay
3.5.    Psikologi umum
3.6.    Jenis dan fungsi dari peralatan yang digunakan dalam kegiatan tali tinggi, meliputi peralatan untuk setting lintasan (seperti wire ropes, wire clamp, shackles, dsb) maupun peralatan keamanan dan keselamatan peserta (seperti tali kernmantle, harness, helmet, karabiner, dsb)
3.7.    Proses analisis resiko dan manajemen resiko
3.8.    Prinsip dasar yang aman dalam membangun lintasan kegiatan tali tinggi
3.9.    Dampak terhadap lingkungan dalam kegiatan tali tinggi
3.10. Manajemen kelompok dalam berkegiatan tali tinggi

4.    Keterampilan yang dibutuhkan:
Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:
4.1.    Keterampilan melakukan belaying dalam kegiatan tali tinggi
4.2.    Penanganan situasi gawat darurat
4.3.    Keterampilan observasi individu dan kelompok untuk memastikan kegiatan dilakukan dengan perilaku yang aman dan sikap yang benar
4.4.    Facilitation skill
4.5.    Keterampilan membangun hubungan interpersonal dengan peserta
4.6.    Kemampuan melakukan kegiatan tali tinggi berdasarkan jenis elemen atau lintasan yang akan digunakan
4.7.    Keterampilan melakukan standar penyelematan (rescue) pada kegiatan tali tinggi
4.8.    Keterampilan mengobservasi kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan dijalankan oleh peserta dan staff pendukung dengan perilaku yang aman dan sikap yang tepat

5.    Aspek kritis :
Aspek kritis  yang perlu diperhatikan dalam kompetensi ini, adalah :
5.1.    Penggunaan peralatan dalam kegiatan tali tinggi secara benar sesuai petunjuk penggunaan dari produsen maupun prosedur yang berlaku di organisasi
5.2.    Keterampilan berkomunikasi, yaitu kemampuan menyampaikan informasi yang mudah dipahami oleh peserta dan kemampuan mendengarkan orang lain (peserta) terkait dengan masalah yang dihadapi peserta terkait dengan kegiatan tertentu
5.3.    Kemampuan melakukan inspeksi terhadap peralatan dan setting kegiatan tali tinggi yang aman dan sesuai dengan prosedur yang berlaku
5.4.    Pokok-pokok pemeriksaan perawatan umum yang terkait dengan lintasan tali tinggi
5.5.    Prosedur operasional untuk kegiatan tali tinggi baik secara umum maupun jenis elemen atau lintasan tali tinggi yang spesifik
5.6.    Tehnik dan strategi untuk memastikan keselamatan peserta
5.7.    Mengajarkan tehnik belay
5.8.    Menjaga keamanan diri sendiri, peserta, dan staff pendukung ketika berada di wilayah / area kegiatan tali tinggi dan ketika melaksanakan kegiatan tali tinggi
5.9.    Memperagakan safety instructions


KOMPETENSI KUNCI   

NO
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
TINGKAT
1.
Mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan informasi
2
2.
Mengomunikasikan informasi dan ide-ide
2
3.
Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan
2
4.
Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok
2
5.
Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis
1
6.
Memecahkan masalah
2
7.
Menggunakan teknologi
2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar