LAMPIRAN
KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR KEP.329/MEN/XII/2011
TENTANG
PENETAPAN RANCANGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA SEKTOR PARIWISATA
BIDANG
KEPEMANDUAN OTBOUND / FASILITATOR EXPERIENTIAL
LEARNING
MENJADI STANDAR KOMPETENSI KERJA
NASIONAL INDONESIA
KODE UNIT : PAR.EL02.007.01
JUDUL UNIT : Melakukan
pemanduan Kegiatan Tali Tinggi (High Rope)
DESKRIPSI UNIT : Unit ini
berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan
dalam memandu kegiatan tali tinggi.
ELEMEN
KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK
KERJA
|
1. Melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan
|
1.1. Sistem pengamanan
dan keselamatan diperiksa sesuai dengan prosedur operasional
1.2. Lokasi
kegiatan tali tinggi diperiksa
1.3. Peralatan diperiksa
sebelum kegiatan dimulai
1.4. Kondisi
alam dimonitor
1.5. Setting peralatan lintasan yang telah disiapkan,
diperiksa
1.6. Permintaan
perbaikan atau perubahan setting peralatan lintasan diajukan kepada pihak
terkait
|
2. Mengurangi dampak terhadap lingkungan
|
2.1. Dampak
kegiatan tali tinggi terhadap lingkungan
diidentifikasi
2.2. Check peralatan sebelum kegiatan dimulai, dilakukan
2.3. Prosedur
dan tindakan untuk mengurangi dampak lingkungan, diterapkan
|
3. Mengawasi pelaksanaan
kegiatan tali tinggi
|
3.1. Kesiapan
peserta diperiksa dalam melakukan kegiatan tali tinggi
3.2. Informasi
dan instruksi untuk melakukan permainan tali tinggi termasuk sistem
keamananan dan keselamatan diberikan pada peserta
3.3. Situasi
gawat darurat pada kegiatan tali tinggi, diatasi
|
4. Menutup kegiatan
|
4.1. Evaluasi
kegiatan dilakukan.
4.2. Laporan
kegiatan disiapkan
4.3. Perbaikan
sumber daya dilaporkan kepada penanggung jawab
|
BATASAN
VARIABEL :
1.
Konteks variabel
Unit ini berlaku untuk melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan, mengurangi dampak terhadap lingkungan, mengawasi pelaksanaan kegiatan tali tinggi, menutup kegiatan yang digunakan untuk memandu kegiatan tali tinggi pada sektor pariwisata bidang experiential learning.
2.
Perlengkapan untuk memandu kegiatan tali tinggi, mencakup tidak
terbatas pada:
2.1.
Peralatan
untuk memasang lintasan/elemen tali tinggi, dapat berupa Sling baja (wire
rope), tali, tangga, pulley,
nuts, trekker, wire clamp (U bolt), webbing (tape ropes), eyebolt, shackles,
wire rope grip, dan sebagainya
2.2.
Peralatan
keamanan dan keselamatan untuk kegiatan, berupa tali kernmantle (statis atau
dinamis), ascender (figure 8), belay devices (ATC, belay plate)
2.3.
Peralatan
keamanan dan keselamatan personal (sit harness / full body harness, helmet,
carabiner, cow tails, crab claw, dan sebagainya)
2.4.
Perlengkapan
pribadi (standar pakaian untuk berkegiatan, alas kaki, sarung tangan, dan
sebagainya)
2.5.
Peralatan
untuk penyelamatan (rescue) yang terpisah dari peralatan kegiatan dan hanya
digunakan oleh staff, yaitu meliputi sit harness, helmet, ascender, belay
devices, prusik loops, tang/catut, pisau, tangga darurat, karabiner, pulley
cadangan
2.6.
Peralatan
P3K dan sumber daya dukungan (tim medis, dsb)
2.7.
Peralatan
komunikasi (radio HT, handphone)
3.
Tugas pekerjaan untuk memandu kegiatan
tali tinggi,
meliputi :
3.1.
Merencanakan kegiatan tali
tinggi
3.2. Mengurangi dampak terhadap lingkungan
3.3. Membuat urutan kegiatan sesuai program, jika terdiri
lebih dari 1 elemen kegiatan tali tinggi
3.4. Membangun sistem pengamanan tali tinggi
3.5. Melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan dimulai
3.6. Mengawasi penggunaan kegiatan tali tinggi
3.7.
Menyimpulkan kegiatan
4.
Peraturan-peraturan untuk memandu
kegiatan tali tinggi,
meliputi :
4.1.
Undang – undang no 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan
4.2.
Undang-undang republik indonesia nomor 1 tahun 1970
tentang keselamatan kerja beserta turunannya.
4.3.
Peraturan kerja yang berlaku di organisasi
4.4.
Standard Operating Procedure yang berlaku di organisasi
terkait kegiatan tali tinggi, ataupun protokol yang berlaku secara nasional
4.5.
Petunjuk baku penggunaan peralatan yang dikeluarkan oleh
produsen (pabrikan)
PANDUAN
PENILAIAN :
1.
Penjelasan prosedur penilaian
Alat, bahan dan tempat penilaian serta unit kompetensi yang harus dikuasai
sebelumnya yang diperlukan sebelum menguasai unit kompetensi ini dengan
unit-unit kompetensi yang terkait :
1.1.
Unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya, meliputi
:
1.1.1 Menganalisis Resiko Dalam Kegiatan
1.1.2 Mengatur
Peralatan dan Sumber Daya untuk Program
1.1.3 Menolong korban
1.2.
Unit kompetensi yang terkait, meliputi :
1.2.1 Merencanakan Program Kegiatan Rekreasi
(jika kegiatan tali tinggi merupakan bagian dari Program)
1.2.2 Merencanakan Program Kegiatan Pembelajaran
(jika kegiatan tali tinggi merupakan bagian dari Program)
1.2.3 Melaksanakan Pemanduan Kegiatan Rekreasi (jika kegiatan tali tinggi merupakan
bagian dari Program)
1.2.4 Melaksanakan Program Kegiatan Pembelajaran (jika kegiatan tali tinggi merupakan
bagian dari Program)
2.
Kondisi penilaian
2.1.
Kondisi penilaian merupakan aspek dalam penilaian yang
sangat berpengaruh atas tercapainya kompetensi ini terkait dengan memandu
kegiatan tali tinggi
2.2.
Penilaian dapat dilakukan dengan cara : lisan, tertulis,
demonstrasi/praktek, dan simulasi di workshop dan atau di tempat kerja.
3.
Pengetahuan yang dibutuhkan :
Pengetahuan
yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini, adalah sebagai berikut:
3.1.
Jenis atau tipe kegiatan tali tinggi serta obyektif umum
dalam setiap jenis atau tipe tali tinggi (diperjelas).
3.2.
Prosedur keamanan dan keselamatan dalam kegiatan
3.3.
Pengetahuan mengenai simpul dan penggunaannya
3.4.
Variasi sistem belay
3.5.
Psikologi umum
3.6.
Jenis dan fungsi dari peralatan yang digunakan dalam
kegiatan tali tinggi, meliputi peralatan untuk setting lintasan (seperti wire
ropes, wire clamp, shackles, dsb) maupun peralatan keamanan dan keselamatan
peserta (seperti tali kernmantle,
harness, helmet, karabiner, dsb)
3.7.
Proses analisis resiko dan manajemen resiko
3.8.
Prinsip dasar yang aman dalam membangun lintasan kegiatan
tali tinggi
3.9.
Dampak terhadap lingkungan dalam kegiatan tali tinggi
3.10. Manajemen
kelompok dalam berkegiatan tali tinggi
4. Keterampilan yang dibutuhkan:
Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung
unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:
4.1. Keterampilan melakukan belaying dalam kegiatan tali tinggi
4.2. Penanganan situasi gawat darurat
4.3. Keterampilan observasi individu dan kelompok untuk memastikan kegiatan
dilakukan dengan perilaku yang aman dan sikap yang benar
4.4. Facilitation skill
4.5. Keterampilan
membangun hubungan interpersonal dengan peserta
4.6. Kemampuan
melakukan kegiatan tali tinggi berdasarkan jenis elemen atau lintasan yang akan
digunakan
4.7. Keterampilan
melakukan standar penyelematan (rescue)
pada kegiatan tali tinggi
4.8. Keterampilan
mengobservasi kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan dijalankan oleh peserta
dan staff pendukung dengan perilaku yang aman dan sikap yang tepat
5.
Aspek kritis :
Aspek kritis yang
perlu diperhatikan dalam kompetensi ini, adalah :
5.1.
Penggunaan peralatan dalam kegiatan tali
tinggi secara benar sesuai petunjuk penggunaan dari produsen maupun prosedur
yang berlaku di organisasi
5.2.
Keterampilan berkomunikasi, yaitu kemampuan
menyampaikan informasi yang mudah dipahami oleh peserta dan kemampuan
mendengarkan orang lain (peserta) terkait dengan masalah yang dihadapi peserta
terkait dengan kegiatan tertentu
5.3.
Kemampuan melakukan inspeksi terhadap
peralatan dan setting kegiatan tali tinggi yang aman dan sesuai dengan prosedur
yang berlaku
5.4.
Pokok-pokok pemeriksaan perawatan umum yang
terkait dengan lintasan tali tinggi
5.5.
Prosedur operasional untuk kegiatan tali
tinggi baik secara umum maupun jenis elemen atau lintasan tali tinggi yang
spesifik
5.6.
Tehnik dan strategi untuk memastikan keselamatan peserta
5.7.
Mengajarkan tehnik belay
5.8.
Menjaga keamanan diri sendiri, peserta, dan staff pendukung
ketika berada di wilayah / area kegiatan tali tinggi dan ketika melaksanakan kegiatan
tali tinggi
5.9.
Memperagakan safety
instructions
KOMPETENSI KUNCI
NO
|
KOMPETENSI
KUNCI DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1.
|
Mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan
informasi
|
2
|
2.
|
Mengomunikasikan informasi dan ide-ide
|
2
|
3.
|
Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan
|
2
|
4.
|
Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok
|
2
|
5.
|
Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis
|
1
|
6.
|
Memecahkan masalah
|
2
|
7.
|
Menggunakan teknologi
|
2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar