yuk main-main....

Informasi lebih rinci silakan hubungi 08127397697 atau melalui email playonsriwijaya@gmail.com

Jumat, 09 Januari 2015

Melakukan pemanduan Kegiatan Tali Rendah (Low Rope) _ SKKNI Kepemanduan Outbound _PAR.EL02.006.01



LAMPIRAN
KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
REPUBLIK INDONESIA

NOMOR  KEP.329/MEN/XII/2011

TENTANG
PENETAPAN RANCANGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA SEKTOR PARIWISATA
BIDANG KEPEMANDUAN OTBOUND / FASILITATOR EXPERIENTIAL LEARNING
MENJADI STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA

KODE UNIT                          :  PAR.EL02.006.01
JUDUL UNIT                        :  Melakukan pemanduan Kegiatan Tali Rendah (Low Rope)
DESKRIPSI UNIT               :  Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam memandu kegiatan tali rendah.

ELEMEN KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
1.    Melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan
1.1. Lokasi kegiatan tali rendah diperiksa
1.2. Setting peralatan lintasan yang telah disiapkan, diperiksa
1.3. Permintaan perbaikan atau perubahan setting peralatan lintasan diajukan kepada pihak terkait
2.    Mengurangi dampak terhadap lingkungan
2.1. Dampak kegiatan tali rendah terhadap lingkungan  diidentifikasi
2.2. Pengaruh dari dampak lingkungan terhadap keamanan dalam kegiatan tali rendah diantisipasi
2.3. Prosedur dan tindakan untuk mengurangi dampak lingkungan di lokasi kegiatan tali rendah diterapkan
3.    Mengajarkan tehnik spotting
3.1. Teknik spotting dijelaskan
3.2. Pemahaman peserta tentang teknik spotting dan prosedur keselamatan, dipastikan.
3.3. Prosedur kegiatan yang tepat, diterapkan
4.    Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan tali rendah
4.1. Kesiapan peserta diperiksa
4.2. Informasi, instruksi, dan demonstrasi diberikan kepada peserta dan juga personil yang mendukung kegiatan
4.3. Strategi untuk mengurangi resiko diterapkan
4.4. Peserta dan personil pendukung, diawasi
5.    Menutup kegiatan
5.1. Evaluasi kegiatan dilakukan.
5.2. Laporan dan evaluasi disusun

BATASAN VARIABEL :

1.    Konteks Variabel
Unit ini berlaku untuk melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan, mengurangi dampak terhadap lingkungan, mengajarkan tehnik spotting, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan tali rendah dan menutup kegiatan yang digunakan untuk memandu kegiatan tali rendah pada sektor pariwisata bidang experiential learning

2.    Perlengkapan untuk memandu kegiatan tali rendah, mencakup tidak terbatas pada: 
2.1.    Peralatan dan bahan untuk kegiatan tali rendah, dapat berupa tali, tangga, pulley, nuts, trekker, sling baja, wire clamp (U bolt), webbing (tape ropes), eyebolt, shackles, wire rope grip, dan sebagainya
2.2.    Perlengkapan pribadi (standar pakaian untuk berkegiatan, alas kaki, sarung tangan, dan sebagainya)
2.3.    Peralatan P3K dan sumber daya dukungan (tim medis, dsb)

3.    Tugas pekerjaan untuk memandu kegiatan tali rendah, meliputi :
3.1.    Melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan
3.2.    Mengurangi dampak dari berkegiatan terhadap lingkungan
3.3.    Mengajarkan tehnik spotting
3.4.    Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan tali rendah
3.5.    Menutup kegiatan

4.    Peraturan-peraturan untuk memandu kegiatan tali rendah, meliputi :
4.1.    Undang undang no 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan
4.2.    Undang-undang republik indonesia nomor 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja
4.3.    Peraturan kerja yang berlaku di organisasi
4.4.    Standard Operating Procedure yang berlaku di organisasi terkait kegiatan tali rendah
4.5.    Petunjuk baku penggunaan peralatan yang dikeluarkan oleh produsen (pabrikan)

PANDUAN PENILAIAN :

1.    Penjelasan prosedur penilaian
Alat, bahan dan tempat penilaian serta unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya yang diperlukan sebelum menguasai unit kompetensi ini dengan unit-unit kompetensi yang terkait :
1.1.    Unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya, meliputi :
1.1.1 Menganalisis Resiko Dalam Kegiatan
1.1.2 Mengatur peralatan dan sumber daya untuk program
1.2.    Unit kompetensi yang terkait, meliputi :
1.2.1 Menolong korban

2.    Kondisi penilaian
2.1.    Kondisi penilaian merupakan aspek dalam penilaian yang sangat berpengaruh atas tercapainya kompetensi ini terkait dengan memandu kegiatan tali rendah
2.2.    Penilaian dapat dilakukan dengan cara : lisan, tertulis, demonstrasi/praktek, dan simulasi di workshop dan atau di tempat kerja.

3.    Pengetahuan yang dibutuhkan : 
      Pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini, adalah sebagai berikut:
3.1.    Tipe atau jenis-jenis kegiatan tali rendah (diperjelas)
3.2.    Fungsi dan cara penggunaan peralatan yang terkait dalam kegiatan tali rendah (baik untuk setting lintasan maupun personal protection yang digunakan, jika ada)
3.3.    Prosedur keamanan dan keselamatan dalam kegiatan.
3.4.    Manajemen kelompok.
3.5.    Prosedur penanganan situasi gawat darurat  yang berlaku di organisasi
3.6.    Pemahaman dalam menyusun alur kegiatan tali rendah, apabila terdiri dari lebih 2 elemen atau lintasan tali rendah

4.    Keterampilan yang dibutuhkan:
Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:
4.1.    Kemampuan melakukan inspeksi terhadap peralatan dan setting kegiatan tali rendah yang aman dan sesuai dengan prosedur yang berlaku
4.2.    Melakukan jenis kegiatan tali rendah yang direncanakan
4.3.    Analisis resiko
4.4.    Keterampilan mengobservasi kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan dijalankan peserta dengan perilaku yang aman dan sikap yang tepat
4.5.    Kemampuan evaluasi.

5.    Aspek kritis :
Aspek kritis  yang perlu diperhatikan dalam kompetensi ini, adalah :
5.1.      Keterampilan berkomunikasi
5.2.      Tehnik dan strategi untuk memastikan keamanan dan keselamatan peserta dalam berkegiatan
5.3.      Hal-hal yang terkait dengan perawatan dan pemeriksaan lintasan kegiatan tali rendah
5.4.      Standard Operating procedure untuk kegiatan tali rendah
5.5.      Mengaplikasikan pengetahuan tentang dinamika kelompok dan tujuan atau obyektif dari kegiatan yang dibutuhkan oleh peserta untuk menentukan alur dan jenis dari kegiatan tali rendah
5.6.      Mengajarkan tehnik spotting, termasuk mengenali variasi tehnik spotting dan posisi spotter yang diperlukan terkait dengan jenis elemen atau lintasan tali rendah yang spesifik, dan disesuaikan dengan karakteristik peserta
5.7.      Menganalisis resiko dalam kegiatan tali rendah dan mengobservasi sikap dan perilaku peserta agar kegiatan dijalankan secara aman baik oleh peserta maupun pendukung teknis
5.8.      Mendemontrasikan kegiatan tali rendah dengan berbagai macam jenis lintasan atau elemen

KOMPETENSI KUNCI   

NO
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
TINGKAT
1.
Mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan informasi
2
2.
Mengomunikasikan informasi dan ide-ide
2
3.
Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan
2
4.
Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok
2
5.
Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis
1
6.
Memecahkan masalah
2
7.
Menggunakan teknologi
1







Tidak ada komentar:

Posting Komentar