LAMPIRAN
KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR KEP.329/MEN/XII/2011
TENTANG
PENETAPAN RANCANGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA SEKTOR PARIWISATA
BIDANG
KEPEMANDUAN OTBOUND / FASILITATOR EXPERIENTIAL
LEARNING
MENJADI STANDAR KOMPETENSI KERJA
NASIONAL INDONESIA
KODE UNIT : PAR.EL02.006.01
JUDUL UNIT : Melakukan
pemanduan Kegiatan Tali Rendah (Low
Rope)
DESKRIPSI UNIT : Unit ini
berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan
dalam memandu kegiatan tali rendah.
ELEMEN
KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK
KERJA
|
1. Melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan
|
1.1. Lokasi
kegiatan tali rendah diperiksa
1.2. Setting peralatan lintasan yang telah disiapkan, diperiksa
1.3. Permintaan
perbaikan atau perubahan setting peralatan lintasan diajukan kepada pihak
terkait
|
2. Mengurangi dampak terhadap lingkungan
|
2.1. Dampak
kegiatan tali rendah terhadap lingkungan
diidentifikasi
2.2. Pengaruh dari
dampak lingkungan terhadap keamanan dalam kegiatan tali rendah diantisipasi
2.3. Prosedur
dan tindakan untuk mengurangi dampak lingkungan di lokasi kegiatan tali
rendah diterapkan
|
3. Mengajarkan tehnik spotting
|
3.1. Teknik spotting dijelaskan
3.2. Pemahaman
peserta tentang teknik spotting dan
prosedur keselamatan, dipastikan.
3.3. Prosedur
kegiatan yang tepat, diterapkan
|
4. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan
tali rendah
|
4.1. Kesiapan
peserta diperiksa
4.2. Informasi,
instruksi, dan demonstrasi diberikan kepada peserta dan juga personil yang
mendukung kegiatan
4.3. Strategi
untuk mengurangi resiko diterapkan
4.4. Peserta
dan personil pendukung, diawasi
|
5. Menutup kegiatan
|
5.1. Evaluasi
kegiatan dilakukan.
5.2. Laporan
dan evaluasi disusun
|
BATASAN
VARIABEL :
1.
Konteks Variabel
Unit ini berlaku untuk melakukan pemeriksaan sebelum kegiatan, mengurangi dampak terhadap lingkungan, mengajarkan tehnik spotting, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan
tali rendah dan menutup kegiatan yang
digunakan untuk memandu kegiatan tali rendah pada sektor pariwisata bidang experiential learning
2.
Perlengkapan untuk memandu kegiatan tali rendah, mencakup
tidak terbatas pada:
2.1.
Peralatan
dan bahan untuk kegiatan tali rendah, dapat berupa tali,
tangga, pulley, nuts, trekker, sling baja, wire clamp (U bolt), webbing (tape ropes), eyebolt, shackles, wire rope grip, dan sebagainya
2.2.
Perlengkapan
pribadi (standar pakaian untuk berkegiatan, alas kaki, sarung tangan, dan
sebagainya)
2.3.
Peralatan
P3K dan sumber daya dukungan (tim medis, dsb)
3.
Tugas pekerjaan untuk memandu kegiatan tali rendah,
meliputi :
3.1.
Melakukan pemeriksaan sebelum
kegiatan
3.2. Mengurangi dampak dari berkegiatan terhadap lingkungan
3.3. Mengajarkan tehnik spotting
3.4. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan
tali rendah
3.5. Menutup kegiatan
4.
Peraturan-peraturan untuk memandu
kegiatan tali rendah, meliputi :
4.1.
Undang undang no 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan
4.2.
Undang-undang republik indonesia nomor 1 tahun 1970
tentang keselamatan kerja
4.3.
Peraturan kerja yang berlaku di organisasi
4.4.
Standard Operating Procedure yang berlaku di organisasi
terkait kegiatan tali rendah
4.5.
Petunjuk baku penggunaan peralatan yang dikeluarkan oleh
produsen (pabrikan)
PANDUAN
PENILAIAN :
1.
Penjelasan prosedur penilaian
Alat, bahan dan tempat penilaian serta unit kompetensi yang harus dikuasai
sebelumnya yang diperlukan sebelum menguasai unit kompetensi ini dengan
unit-unit kompetensi yang terkait :
1.1.
Unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya, meliputi
:
1.1.1 Menganalisis Resiko Dalam Kegiatan
1.1.2 Mengatur peralatan dan sumber daya untuk program
1.2.
Unit kompetensi yang terkait, meliputi :
1.2.1 Menolong korban
2.
Kondisi penilaian
2.1.
Kondisi penilaian merupakan aspek dalam penilaian yang
sangat berpengaruh atas tercapainya kompetensi ini terkait dengan memandu
kegiatan tali rendah
2.2.
Penilaian dapat dilakukan dengan cara : lisan, tertulis,
demonstrasi/praktek, dan simulasi di workshop dan atau di tempat kerja.
3.
Pengetahuan yang dibutuhkan :
Pengetahuan
yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini, adalah sebagai berikut:
3.1.
Tipe atau jenis-jenis kegiatan tali rendah (diperjelas)
3.2.
Fungsi dan cara penggunaan peralatan yang terkait dalam
kegiatan tali rendah (baik untuk setting
lintasan maupun personal protection
yang digunakan, jika ada)
3.3.
Prosedur keamanan dan keselamatan dalam kegiatan.
3.4.
Manajemen kelompok.
3.5.
Prosedur penanganan situasi gawat darurat yang berlaku di organisasi
3.6.
Pemahaman dalam menyusun alur kegiatan tali rendah,
apabila terdiri dari lebih 2 elemen atau lintasan tali rendah
4. Keterampilan yang dibutuhkan:
Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung
unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:
4.1. Kemampuan melakukan inspeksi terhadap peralatan dan setting kegiatan tali
rendah yang aman dan sesuai dengan prosedur yang berlaku
4.2. Melakukan jenis kegiatan tali rendah yang direncanakan
4.3. Analisis resiko
4.4. Keterampilan mengobservasi kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan
dijalankan peserta dengan perilaku yang aman dan sikap yang tepat
4.5. Kemampuan evaluasi.
5.
Aspek kritis :
Aspek kritis yang
perlu diperhatikan dalam kompetensi ini, adalah :
5.1.
Keterampilan berkomunikasi
5.2.
Tehnik dan strategi untuk memastikan keamanan dan
keselamatan peserta dalam berkegiatan
5.3.
Hal-hal yang terkait dengan perawatan dan pemeriksaan
lintasan kegiatan tali rendah
5.4.
Standard Operating procedure untuk kegiatan tali rendah
5.5.
Mengaplikasikan pengetahuan tentang dinamika kelompok dan
tujuan atau obyektif dari kegiatan yang dibutuhkan oleh peserta untuk
menentukan alur dan jenis dari kegiatan tali rendah
5.6.
Mengajarkan tehnik spotting, termasuk mengenali variasi
tehnik spotting dan posisi spotter yang diperlukan terkait dengan jenis elemen
atau lintasan tali rendah yang spesifik, dan disesuaikan dengan karakteristik
peserta
5.7.
Menganalisis resiko dalam kegiatan tali rendah dan
mengobservasi sikap dan perilaku peserta agar kegiatan dijalankan secara aman
baik oleh peserta maupun pendukung teknis
5.8.
Mendemontrasikan kegiatan tali rendah dengan berbagai
macam jenis lintasan atau elemen
KOMPETENSI KUNCI
NO
|
KOMPETENSI
KUNCI DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1.
|
Mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan
informasi
|
2
|
2.
|
Mengomunikasikan informasi dan ide-ide
|
2
|
3.
|
Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan
|
2
|
4.
|
Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok
|
2
|
5.
|
Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis
|
1
|
6.
|
Memecahkan masalah
|
2
|
7.
|
Menggunakan teknologi
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar