Ilustrasi kegiatan "Rekreasi" (oleh Blogger) |
LAMPIRAN
KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR KEP.329/MEN/XII/2011
TENTANG
PENETAPAN RANCANGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL
INDONESIA SEKTOR PARIWISATA
BIDANG KEPEMANDUAN OTBOUND / FASILITATOR EXPERIENTIAL LEARNING
MENJADI STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA
2. Kompetensi Inti
KODE UNIT : PAR.EL02.001.01
JUDUL UNIT : Merencanakan Program
Kegiatan Rekreasi
DESKRIPSI UNIT : Unit ini berhubungan
dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam merencanakan program kegiatan Rekreasi
ELEMEN KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
|
1. Mengumpulkan informasi untuk merencanakan program kegiatan
|
1.1. Profil peserta diidentifikasi
1.2. Tujuan dan kebutuhan peserta diidentifikasi
1.3. Validasi data peserta dilakukan
1.4. Lokasi kegiatan dan kondisi tempat diidentifikasi agar sesuai dengan
profil dan kebutuhan peserta
1.5. Jaringan kerja diidentifikasi sesuai dengan program kegiatan
1.6. Peralatan penunjang program kegiatan diidentifikasi sesuai dengan
program kegiatan
|
2. Merencanakan Program Kegiatan
|
2.1. Kegiatan Experiential learning
direncanakan sesuai tujuan dan kebutuhan peserta.
2.2. Kegiatan Experiential learning
direncanakan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku
2.3. Perencanaan disesuaikan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan
Experiential learning
2.4. Rencana cadangan disiapkan dengan pertimbangan faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi kegiatan
2.5. Kegiatan Experiential learning
yang akan dilaksanakan dipastikan dapat meminimalkan dampak negatif terhadap
lingkungan
2.6. Rencana kegiatan dilaporkan kepada pihak terkait
|
3.
Mengatur Sumber Daya
untuk kegiatan
|
3.1. Tempat untuk kegiatan, peserta, dan kemampuan
peserta diatur dengan tepat
3.2. Peralatan dan sumber daya untuk kegiatan dan
peserta diatur dengan tepat
3.3. Ketersediaan dan keamanan dari sumber daya yang
akan digunakan, diperiksa.
3.4. Anggaran untuk biaya kegiatan diidentifikasi
|
BATASAN VARIABEL :
1. Konteks Variabel
Unit
ini berlaku untuk mengumpulkan
informasi untuk merencanakan program kegiatan, merencanakan
program kegiatan dan mengatur sumber daya untuk kegiatan yang digunakan
untuk merencanakan program kegiatan Rekreasi
pada sektor pariwisata bidang experiential learning
2. Perlengkapan untuk merencanakan program kegiatan Rekreasi,
mencakup tidak terbatas pada:
2.1. Peralatan
penunjang kegiatan experiential learning,
yaitu peralatan untuk berkegiatan (permainan)
2.2. Peralatan
keamanan baik yang bersifat individu maupun kelompok
2.3. Data
mengenai profil Peserta : nama perusahaan, jumlah peserta, data usia, gender,
alamat rumah, riwayat kesehatan, dan sebagainya
2.4. Surat
kesepakatan kerja, mencakup tidak terbatas pada :
2.4.1. Tiket
2.4.2. Kontrak kerja
2.4.3. Detail program
2.5. Peralatan
Administrasi
3. Tugas pekerjaan untuk merencanakan program kegiatan Rekreasi,
meliputi :
3.1. Mengumpulkan informasi untuk merencanakan program
kegiatan
3.2. Merencanakan program kegiatan
3.3. Mengatur sumber daya untuk kegiatan
4. Peraturan-peraturan untuk merencanakan program kegiatan Rekreasi, meliputi :
4.1. UU no 9 tahun 2010 tentang kepariwisataaan
4.2. Peraturan Kerja yang berlaku di organisasi
4.3. Standard Operating Procedure yang berlaku di organisasi
PANDUAN PENILAIAN :
1.
Penjelasan
prosedur penilaian
Alat, bahan dan tempat penilaian serta unit kompetensi
yang harus dikuasai sebelum menguasai unit kompetensi ini dengan unit-unit
kompetensi yang terkait :
1.1. Unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya, meliputi
:
1.1.1
Menganalisis Resiko Dalam Kegiatan
1.2. Unit kompetensi yang terkait, meliputi :
1.2.1 Mengatur Sumber Daya Untuk Program
2.
Kondisi
penilaian
2.1. Kondisi penilaian merupakan aspek dalam penilaian yang
sangat berpengaruh atas tercapainya kompetensi ini terkait dengan merencanakan
program kegiatan Rekreasi
2.2. Penilaian dapat dilakukan dengan cara : lisan, tertulis,
demonstrasi/praktek, dan simulasi di workshop dan atau di tempat kerja.
3.
Pengetahuan
yang dibutuhkan :
Pengetahuan yang dibutuhkan
untuk mendukung unit kompetensi ini, adalah sebagai berikut:
3.1. Pemahaman mengenai metode experiential learning
3.2. Profil peserta, mencakup tidak terbatas pada:
3.2.1 Biodata
peserta
3.2.2 Biodata
kelompok atau organisasi
3.3. Jaringan kerja : sumber daya dari luar yang diperlukan
untuk mendukung pelaksanaan kegiatan
3.4. Jenis kegiatan (baik yang bersifat low impact maupun high
impact) berikut dengan kebijakan atau prosedur standar keamanan dalam
berkegiatan (bersifat organisasi ataupun berlaku nasional)
3.5. Prinsip-prinsip pengelolaan kelompok dan pengelolaan
program
3.6. Prosedur emergency response yang berlaku di organisasi
atau prosedur pada umumnya
3.7. Proses analisis resiko dan manajemen resiko
3.8. Pengetahuan mengenai peralatan yang terkait dengan
kegiatan termasuk standar keamanan dalam penggunaannya
4.
Keterampilan yang dibutuhkan:
Keterampilan
yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:
4.1. Keterampilan berkomunikasi
4.2. Analisis resiko dan manajemen resiko
4.3. Melakukan setiap kegiatan yang dirancang
dalam program (sesuai dengan prosedur berkegiatan dan prosedur keamanan yang
berlaku)
4.4. Manajemen waktu untuk mengelola dan
mengontrol durasi dalam setiap kegiatan
5.
Aspek
kritis :
Aspek kritis yang perlu diperhatikan dalam kompetensi
ini, adalah :
5.1. Memiliki pengetahuan tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi perencanaan sebuah program untuk peserta dengan menggunakan lokasi
dan fasilitas setempat.
5.2. Secara khusus, penilaian unjuk kerja unit ini harus
meliputi kemampuan untuk ;
5.2.1 Mengumpulkan informasi untuk merencanakan sebuah program
5.2.2 Menghasilkan sebuah rencana kegiatan
5.2.3 Mengatur sumber daya untuk kegiatan
5.3. Penilaian Kompetensi harus dilakukan dalam periode waktu
tertentu yang meliputi semua aspek dalam batasan variabel.
KOMPETENSI KUNCI
NO
|
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1.
|
Mengumpulkan, menganalisis, dan
mengorganisasikan informasi
|
2
|
2.
|
Mengomunikasikan informasi dan
ide-ide
|
1
|
3.
|
Merencanakan dan mengorganisasikan
kegiatan
|
1
|
4.
|
Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok
|
2
|
5.
|
Menggunakan gagasan secara
matematis dan teknis
|
1
|
6.
|
Memecahkan masalah
|
1
|
7.
|
Menggunakan teknologi
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar