yuk main-main....

Informasi lebih rinci silakan hubungi 08127397697 atau melalui email playonsriwijaya@gmail.com

Rabu, 10 Desember 2014

Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan _ SKKNI Kepemanduan Outbound,_4_PAR.UJ.01.001.01




LAMPIRAN
KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
REPUBLIK INDONESIA

NOMOR  KEP.329/MEN/XII/2011

TENTANG
PENETAPAN RANCANGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA SEKTOR PARIWISATA
BIDANG KEPEMANDUAN OTBOUND / FASILITATOR EXPERIENTIAL LEARNING
MENJADI STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA


BAB II
STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA

C.   Unit-unit Kompetensi

Kode Unit
:
PAR.UJ.01.001.01
Judul Unit
:
Bekerjasama dengan mitra kerja dan wisatawan
Deskripsi Unit     
:
Unit ini membahas pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan oleh orang yang bekerja pada sektor Otboundserta hospitalitas yang berhubungan dengan orang lain, berkomunikasi dan melayani Wisatawan.

ELEMEN KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
1

Melakukan komunikasi di   Tempat Kerja
1.1
Berkomunikasi dengan mitra kerja dan Wisatawan yang dilakukan  secara terbuka, profesional, ramah dan sopan
1.2
Bahasa dan intonasi dengan tepat dan jelas
1.3
Penggunaan bahasa tubuh perlu disesuaikan
1.4
Kepekaan terhadap perbedaan kebudayaan dan sosial diperlihatkan
1.5
Efektivitas komunikasi dua arah diterapkan
2
Melayani kebutuhan pengunjung
2.1
Kebutuhan dan harapan pengunjung diidentifikasi termasuk kebutuhan khusus secara benar dan diberikan layanan jasa yang tepat
2.2


Kebutuhan dan permintaan yang layak dari wisatawan dipenuhi dalam jangka waktu yang dapat diterima perusahaan
2.3
Kesempatan untuk memepertinggi kualitas layanan diidentifikasi dan dilakukan bilamana memungkinkan
3 
Bekerja dalam satu tim
4.1
Kepercayaan, dukungan, rasa hormat, dan bantuan diberikan kepada anggota tim / mitra kerja di dalam melakukan kegiatan sehari-hari
4.2
Perbedaan kebudayaan diakomodasi di antara tim
4.3
Tujuan, informasi penunjang kerja tim  diidentifikasi bersama-sama dan ditindaklanjuti dengan umpan balik
4.4
Tugas-tugas  individu diidentifikasi, diprioritaskan, dan dilengkapi dalam tenggang waktu  yang telah ditentukan
4.5
perubahan tanggung jawab dan bantuan untuk memenuhi tujuan kerja yang telah direvisi dari anggota tim dinegosiasikan kembali apabila diperlukan
      
BATASAN VARIABEL

1.
Konteks Variabel:
Unit ini berlaku untuk sektor – sektor usaha wisata  termasuk Otbound:
Tergantung pada organisasi dan situasi khusus dari Wisatawan dapat dimasukan  tapi  tidak terbatas pada :

1.1. Anggota dari sektor-sektor kebudayaan dan pariwisata dan sektor hospitalitas lainnya
1.2. Individu-individu atau kelompok-kelompok di dalam .
1.3. Penduduk setempat
1.4. Wisatawan
1.5. Wartawan
1.6. Teman sekerja / mitra kerja
2.
Perlengkapan:

2.1.    Perlengkapan audio visual
2.2.    Alat peraga pendukung
2.3.    Brosur
3.
Peraturan dan Perundangan :

3.1.    Undang-undang kepariwisataan
3.2.    Kode etik Penelusuran Panjat Tebing
3.3.    Aturan tentang tata tertib Wisatawan

    PANDUAN PENILAIAN

1
Penjelasan Prosedur Penilaian:

1.1.
Penilaian dilakukan untuk membuktikan bahwa pemandu mampu berkomunikasi
secara efektif   dengan Wisatawan dan mitra kerja (termasuk bagi mereka yang
mempunyai kebutuhan khusus) dalam batas-batas situasi yang 
dibutuhkan untuk  tugas pekerjaan yang relevan

1.2.
Kemampuan untuk bekerja  dalam satu tim

1.3.
Kemampuan untuk memberikan tanggapan secara efektif  terhadap
berbagai situasi pelayanan terhadap Wisatawan yang berbeda

1.4.
Pengertian tentang komunikasi dan pelayanan kepada Wisatawan dan kepentingannya
dalam konteks kebudayaan dan  pariwisata serta hospitalitas.

1.5.
Unit kompetensi ini terkait dengan unit kompetensi PAR.UJ.01.002.01, Bekerja dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda”.

2
Kondisi Penilaian:

2.1.
2.2.
2.3.

Wawancara mengacu pada Kriteria Unjuk Kerja
Demonstrasi / simulasi  secara praktik di tempat kerja
Menunjukkan sertifikat pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti atau bukti-bukti pencapaian prestasi

3
Pengetahuan yang dibutuhkan:


- Cara Berkomunikasi yang baik
- Customer Service (Pelayanan pelanggan/Wisatawan)
- Pengetahuan tentang pemandu wisata gua

4
Keterampilan yang dibutuhkan:


- Melakukan komunikasi dengan baik
- Melayani Wisatawan
- Memahami pengetahuan tentang gua dan cara menelusurinya

5
Aspek Kritikal / Penting untuk Penilaian :

5.1
Fokus dari unit ini akan bervariasi tergantung dari konteks kebiasaan (adat istiadat) setempat di tempat kerja.  Pengujian harus mempertimbangkan berbagai ragam adat istiadat dan kebutuhan khusus yang bias digunakan pada situasi tertentu.

5.2
bukti dari kompetensi harus berhubungan dengan komunikasi yang berbeda dan suasana pelayanan kepada Wisatawan dan dapat  dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu.

5.3
Menemukenali :


5.3.1
Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan Wisatawan dan mitra kerja (termasuk bagi mereka yang mempunyai kebutuhan khusus) dalam batas-batas situasi yang  dibutuhkan untuk  tugas pekerjaan yang relevan


5.3.2
Kemampuan untuk bekerja  dalam satu tim


5.3.3
Kemampuan untuk memberikan tanggapan secara efektif  terhadap berbagai situasi pelayanan terhadap Wisatawan yang berbeda


5.3.4
Pengertian tentang komunikasi dan pelayanan kepada Wisatawan dan kepentingannya  dalam konteks kebudayaan dan  pariwisata serta hospitalitas.






KOMPETENSI KUNCI
No
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
TINGKAT
1.
Mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan informasi
2
2.
Mengkomunikasikan informasi dan ide-ide
2
3.
Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan
1
4.
Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok
2
5.
Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis
1
6.
Memecahkan Masalah
2
7.
Menggunakan Teknologi
1

Tingkat kemampuan yang harus didemonstrasikan  untuk mencapai kompetensi ini
Tingkat
Karakteristik
1
Dapat melakukan tugas rutin sesuai dengan prosedur yang berlaku tetapi, tugas itu masih harus diperiksa secara berkala oleh penyelia.
2
Dapat melakukan tugas yang lebih kompleks dan luas dengan peningkatan kemampuan untuk bekerja sendiri dengan tanggung jawab. Pekerjaan diperiksa oleh penyelia setelah selesai.
3
Dapat melakukan kegiatan kompleks dan tidak rutin, mempunyai kemampuan untuk bekerja sendiri, dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan orang lain.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar