LAMPIRAN
KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR KEP.329/MEN/XII/2011
TENTANG
PENETAPAN RANCANGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL
INDONESIA SEKTOR PARIWISATA
BIDANG KEPEMANDUAN OTBOUND / FASILITATOR EXPERIENTIAL LEARNING
MENJADI STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA
BAB II
STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL
INDONESIA
C.
Unit-unit Kompetensi
Kode
Unit
|
:
|
PAR.UJ.01.001.01
|
Judul
Unit
|
:
|
Bekerjasama
dengan mitra kerja dan wisatawan
|
Deskripsi
Unit
|
:
|
Unit ini membahas pengetahuan,
keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan oleh orang yang bekerja pada sektor Otboundserta
hospitalitas yang berhubungan dengan orang lain, berkomunikasi dan
melayani Wisatawan.
|
ELEMEN KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
|
||
1
|
Melakukan
komunikasi di Tempat Kerja
|
1.1
|
Berkomunikasi dengan mitra kerja dan
Wisatawan yang dilakukan secara
terbuka, profesional, ramah dan sopan
|
1.2
|
Bahasa dan
intonasi dengan tepat dan jelas
|
||
1.3
|
Penggunaan bahasa tubuh perlu disesuaikan
|
||
1.4
|
Kepekaan terhadap perbedaan kebudayaan dan
sosial diperlihatkan
|
||
1.5
|
Efektivitas
komunikasi dua arah diterapkan
|
||
2
|
Melayani
kebutuhan pengunjung
|
2.1
|
Kebutuhan dan harapan pengunjung
diidentifikasi termasuk kebutuhan khusus secara benar dan diberikan layanan
jasa yang tepat
|
2.2
|
Kebutuhan dan permintaan yang layak dari
wisatawan dipenuhi dalam jangka waktu yang dapat diterima perusahaan
|
||
2.3
|
Kesempatan untuk memepertinggi kualitas
layanan diidentifikasi dan dilakukan bilamana memungkinkan
|
||
3
|
Bekerja
dalam satu tim
|
4.1
|
Kepercayaan,
dukungan, rasa hormat, dan bantuan diberikan kepada anggota tim / mitra kerja
di dalam melakukan kegiatan sehari-hari
|
4.2
|
Perbedaan kebudayaan diakomodasi di antara
tim
|
||
4.3
|
Tujuan, informasi penunjang kerja tim
diidentifikasi bersama-sama dan ditindaklanjuti
dengan umpan balik
|
||
4.4
|
Tugas-tugas
individu diidentifikasi, diprioritaskan, dan dilengkapi dalam tenggang
waktu yang telah ditentukan
|
||
4.5
|
perubahan tanggung jawab dan bantuan untuk
memenuhi tujuan kerja yang telah direvisi dari anggota tim dinegosiasikan
kembali apabila diperlukan
|
BATASAN VARIABEL
1.
|
Konteks
Variabel:
Unit ini
berlaku untuk sektor – sektor usaha wisata
termasuk Otbound:
Tergantung pada
organisasi dan situasi khusus dari Wisatawan dapat dimasukan tapi
tidak terbatas pada :
|
1.1. Anggota dari sektor-sektor kebudayaan dan pariwisata dan sektor
hospitalitas lainnya
1.2. Individu-individu atau kelompok-kelompok di dalam .
1.3. Penduduk setempat
1.4. Wisatawan
1.5. Wartawan
1.6. Teman sekerja / mitra kerja
|
|
2.
|
Perlengkapan:
|
2.1.
Perlengkapan audio
visual
2.2.
Alat peraga
pendukung
2.3.
Brosur
|
|
3.
|
Peraturan dan
Perundangan :
|
3.1. Undang-undang
kepariwisataan
3.2. Kode etik
Penelusuran Panjat Tebing
3.3. Aturan tentang tata tertib Wisatawan
|
PANDUAN PENILAIAN
1
|
Penjelasan
Prosedur Penilaian:
|
|||
1.1.
|
Penilaian
dilakukan untuk membuktikan bahwa pemandu mampu berkomunikasi
secara
efektif dengan Wisatawan dan mitra
kerja (termasuk bagi mereka yang
mempunyai
kebutuhan khusus) dalam batas-batas situasi yang
dibutuhkan
untuk tugas pekerjaan yang relevan
|
|||
1.2.
|
Kemampuan untuk
bekerja dalam satu tim
|
|||
1.3.
|
Kemampuan untuk
memberikan tanggapan secara efektif
terhadap
berbagai
situasi pelayanan terhadap Wisatawan yang berbeda
|
|||
1.4.
|
Pengertian
tentang komunikasi dan pelayanan kepada Wisatawan dan kepentingannya
dalam konteks
kebudayaan dan pariwisata serta
hospitalitas.
|
|||
1.5.
|
Unit kompetensi
ini terkait dengan unit kompetensi PAR.UJ.01.002.01, Bekerja dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda”.
|
|||
2
|
Kondisi
Penilaian:
|
|||
2.1.
2.2.
2.3.
|
Wawancara
mengacu pada Kriteria Unjuk Kerja
Demonstrasi /
simulasi secara praktik di tempat
kerja
Menunjukkan
sertifikat pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti atau bukti-bukti
pencapaian prestasi
|
|||
3
|
Pengetahuan
yang dibutuhkan:
|
|||
- Cara Berkomunikasi yang baik
- Customer Service (Pelayanan pelanggan/Wisatawan)
- Pengetahuan tentang pemandu wisata gua
|
||||
4
|
Keterampilan
yang dibutuhkan:
|
|||
- Melakukan komunikasi dengan baik
- Melayani Wisatawan
- Memahami pengetahuan tentang gua dan cara menelusurinya
|
||||
5
|
Aspek Kritikal
/ Penting untuk Penilaian :
|
|||
5.1
|
Fokus dari unit
ini akan bervariasi tergantung dari konteks kebiasaan (adat istiadat)
setempat di tempat kerja. Pengujian
harus mempertimbangkan berbagai ragam adat istiadat dan kebutuhan khusus yang
bias digunakan pada situasi tertentu.
|
|||
5.2
|
bukti dari kompetensi harus berhubungan
dengan komunikasi yang berbeda dan suasana pelayanan kepada Wisatawan dan
dapat dikumpulkan dalam jangka waktu
tertentu.
|
|||
5.3
|
Menemukenali :
|
|||
5.3.1
|
Kemampuan untuk berkomunikasi secara
efektif dengan Wisatawan dan mitra kerja (termasuk bagi mereka yang mempunyai
kebutuhan khusus) dalam batas-batas situasi yang dibutuhkan untuk tugas pekerjaan yang relevan
|
|||
5.3.2
|
Kemampuan untuk
bekerja dalam satu tim
|
|||
5.3.3
|
Kemampuan untuk memberikan tanggapan secara
efektif terhadap berbagai situasi
pelayanan terhadap Wisatawan yang berbeda
|
|||
5.3.4
|
Pengertian
tentang komunikasi dan pelayanan kepada Wisatawan dan kepentingannya dalam konteks kebudayaan dan pariwisata serta hospitalitas.
|
|||
KOMPETENSI KUNCI
No
|
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1.
|
Mengumpulkan,
menganalisis, dan mengorganisasikan informasi
|
2
|
2.
|
Mengkomunikasikan
informasi dan ide-ide
|
2
|
3.
|
Merencanakan
dan mengorganisasikan kegiatan
|
1
|
4.
|
Bekerjasama
dengan orang lain dan kelompok
|
2
|
5.
|
Menggunakan
gagasan secara matematis dan teknis
|
1
|
6.
|
Memecahkan Masalah
|
2
|
7.
|
Menggunakan Teknologi
|
1
|
Tingkat kemampuan yang harus didemonstrasikan untuk mencapai kompetensi ini
|
|
Tingkat
|
Karakteristik
|
1
|
Dapat melakukan tugas rutin sesuai
dengan prosedur yang berlaku tetapi, tugas itu masih harus diperiksa secara
berkala oleh penyelia.
|
2
|
Dapat melakukan tugas yang lebih kompleks dan luas dengan peningkatan
kemampuan untuk bekerja sendiri dengan tanggung jawab. Pekerjaan diperiksa
oleh penyelia setelah selesai.
|
3
|
Dapat melakukan kegiatan kompleks
dan tidak rutin, mempunyai kemampuan untuk bekerja sendiri, dan bertanggung
jawab atas pekerjaan yang dilakukan orang lain.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar