yuk main-main....

Informasi lebih rinci silakan hubungi 08127397697 atau melalui email playonsriwijaya@gmail.com

Kamis, 06 April 2017

3 Aliran Utama Outbound

Sering orang hanya menyebut , "Outbound" untuk menyebut kegiatan pelatihan-khususnya yang di luar ruangan- bagi perusahaan/ lembaga/ sekolahnya. 
Si Bangau pun bertanya, "Eh, kalian lagi Outbound, apa cuma main-main?"

Ya... bagi yang mendengarnya, bisa jadi yang dibayangkan sama dengan bayangan si penyebut, namun acap kali malah meleset. Dan jika meleset, hasilnya bisa berabe, lho. Sudah terlanjur "Outbound," namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Sudah capek, keluar budget banyak (ceritanya ke luar kota nih), eee... hasilnya jauh panggang dari api. Tapi, amit-amit, jangan sampai deh hal itu menimpa kita ya.

Jadi... ada apa dengan Outbound? kalo mau serius, kajiannya bisa kita simak di sini saja namun bagi yang nggak sabar sudah mau "outbound", ijinkan kami mengontekskan "outbound" dalam pilahan pengertian tentang program Rekreatif/ Gathering, Training/ Pelatihan, dan Pengembangan. Ya, secara umum, kita bisa mengategorikan "Outbound" dalam 3 aliran utama; setidaknya seperti ratusan program yang pernah kami fasilitasi.

Apa saja itu? yuk kita simak. 
Yuk...


Perihal
Rekreatif/ Gathering
Training/Pelatihan
Pengembangan Diri/ Developing
Prinsip pencapaian
Peserta mengalami perubahan perasaan/ feeling; misalnya menjadi lebih senang, akrab, gembira, segar, dan sebagainya
Peserta mengalami pengembangkan cara berpikir dan atau peningkatan ketrampilan/ pengetahuan tertentu.
Peserta mengalami pengembangkan/ perubahan mindset dan prilaku/ kebiasaan.
Contoh tema/ penekanan program
·         Kekompakan
·         Keakraban
·         Kompetisi
·         Kerjasama
·         Kreativitas,
·         Komunikasi,
·         Pemecahan masalah

·         Kepemimpinan,
·         Analisis,
·         Komunikasi,
·         Pemecahan masalah,
·         Pencapaian target,
·         Konsep diri/ kepribadian
Durasi
½ sampai 1 hari
minimal 2 hari 1 malam
minimal 3 hari 2 malam
Contoh aktivitas
Dinamika kelompok/ permainan/ games
·         Dinamika kelompok/ permainan/ games,
·         Dinamika individu,
·         Latihan/ penugasan,
·         Berkemah.
·         Dinamika kelompok// permainan/ games,
·         Dinamika individu,
·         Latihan/ penugasan,
·         Berkemah & memasak,
·         Refleksi/ pemaknaan (individu dan kelompok)
Fasilitas
Program, tempat, fasilitator, & konsumsi (1x makan, 2x coffee break)
Program, tempat (tenda), fasilitator, konsumsi.
Program, tempat (tenda), fasilitator, konsumsi.
Ideal jumlah peserta
30-150 orang
15-50
15-35

Semoga pengategorian tersebut bisa membantu kita untuk merumuskan kebutuhan program sesuai konteks perusahaan/ lembaga/ sekolah, sehingga program yang dilaksanakan bisa tepat sasaran. Intinya sih, kalo ada yang mau "otbound" harus diperjelas dahulu, maunya itu berformat rekreatif, training, atau developing? Walau permainan yang digunakan bisa sama, tetapi prinsip tujuannya pasti beda lho.

Nah, saat urusan tujuan "outbound" sudah jelas, kini kita perlu lembaga/ provider/ EO yang bisa memfasilitasinya. Tentunya lembaga yang kredibel dong, iya nggak... Jangan sampai kita terjerumus difasilitasi oleh lembaga yang bahkan tidak bisa membedakan tujuan "outbound yang rekreasi" dengan "outbound yang pelatihan."

Sebagai penggiat outbound sejak 2003, kami mereferensikan "SRIWIJAYA ED-FUN-TURE" sebagai lembaga yang tepat guna memfasilitasi "outbound." Mengusung muatan Education, Fun, dan Adventure; lembaga tersebut memunyai fasilitator yang berpengalaman memfasilitasi lebih dari 28 Ribu peserta, dalam lebih dari 400 event outbound berragam format. Catatan sepak terjangnya ya bisa dilihat-lihat di blog ini.

Sekedar contoh nih, misalnya kita mau bikin outbound di waterboom/ waterpark, bisaaa... boleh intip keseruannya di tempat basah ini

Untuk urusan pengembangan kompetensi, para fasilitator Sriwijaya EdFunTure juga selalu belajar, misalnya sekedar contoh, dengan refleksi Fasilitator yang Lebay

Dalam hal legalisasi dan jaringan provider-outbound se Indonesia,  Sriwijaya EdFunTure  sudah tergabung dalam AELI/ Asosiasi Experiential Learning Indonesia (info tentang asosiasi ini ada di sini, kumpulan provider outbound se Indonesia 

istirahat tempat, grak...

Yachhh... terlalu banyak untuk diceritakan perihal Sriwijaya EdFunTure ini, maka silakan ubek-ubek profilnya di blog ini. Kalau ingin kontak lebih lanjut, bisa hubungi saya di HP/WA 08127397697 ya...

Selamat ber-outbound.

1 komentar:

  1. Saudara seprofesi, kami dari Indonesia Metamorphosis Training Consultant ( IMTC) Garut Jabar sangat setuju dan mengapresiasi dengan apa yang saudara uraikan dan sampaikan tentang outbound. Karena saat ini banyak sekali penyelenggara outbound yang hanya bisa memfasilitasi games saja tetapi tidak tahu arah yang sesungguhnya peserta mesti dibawa kemana sesuai dengan permintaan peserta. Sehingga seringkali peserta kecewa karena outputnya tidak sesuai dengan harapan.Dengan ini kami menyambut gembira dengan adanya partner pelaksana outbound yang sejalan dan mari kita sama - sama sosialisasikan outbound yang betul betul bisa memenuhi harapan users.

    BalasHapus