yuk main-main....

Informasi lebih rinci silakan hubungi 08127397697 atau melalui email playonsriwijaya@gmail.com

Kamis, 30 Januari 2014

"MONOPOLI" BISNIS SPARE PART KENDARAAN


Pada 15-16 Desember 2012 lalu, saya dipercaya memfasilitasi suatu pertemuan bisnis bagi para karyawan PT Capella Patria Utama. Pembicaraan dengan pimpinan perusahaan menghasilkan gambaran bahwa tujuan pertemuan itu adalah selain membina keakraban bagi para karyawan yang merupakan penjual/ agen sparepart kendaraan bermotor, juga diminta disisipi dengan nilai-nilai profesionalitas kerja, misalnya ketelitian, pantang menyerah, dan kreativitas. Jajaran direksi pun akhirnya setuju dengan konsep "monopoli" yang digabung dengan beberapa aktivitas high rope, flying fox, permainan asyik, dan tentu saja acara keakraban.


presentasi lomba memasak


Pada hari pertama, setelah melalui sesi perkenalan dan pencairan suasana, peserta langsung diajak untuk berkenalan dengan permainan “Monopoli.” Ini adalah permainan yang sudah sangat populer di dunia sejak puluhan tahun lalu. Saya memodifikasinya dengan membuat variasi petak-petak dan tentu saja perhitungan-perhitungannya. Nama petak adalah kota-kota di Indonesia, sesuai dengan asal peserta yang datang dari berbagai provinsi, khususnya di Jawa dan Sumatera. Yang istimewa adalah ukuran monopoli dibuat besar sampai sekitar 3 x 4 meter. Pemainnya pun ada 6 kelompok dengan anggota @ 6-7 orang.
Karena ini adalah permainan yang sudah populer, maka tidak perlu banyak kesulitan bagi peserta untuk memahaminya. Perkenalan dan putaran awal permainan pun lancar dilalui.

Selain monopoli, sudah disiapkan juga acara-acara lain yang dilakukan berselang seling dengan permainan monopoli raksasa. Yang menarik adalah bahwa kompensasi prestasi dari permainan-selain monopoli- adalah uang-uangan yang bisa digunakan dalam permainan monopoli. Jadi misalnya suatu kelompok memenangkan perlombaan “Transfer Spare Part” maka berhak mendapatkan uang 2 juta, juara kedua mendapat 1,5 juta, dan seterusnya.

Kami merancang acara supaya berkesinambungan dari awal sampai akhir dengan balutan skenario monopoli bahwa tiap peserta harus berusaha mendapatkan sebanyak mungkin keuntungan bisnis penjualan spare part kendaraan. Jalannya monopoli dalam tiap segmennya selalu berlangsung tambah emosional dan menegangkan, dipuncaki dengan "Perang" (menggunakan senjata paintball) guna memerebutkan lahan. Seru!!!

Singkat cerita, pada hari pertama inilah yang kami lakukan:

pengakraban suasana


oooooo ini tho Monopoli-nya?
folding carpet, demi dapet duit rela berdukung-dukungan, semangat!!!
transfer spare part, hati-hati Mas, Mbak
yak, lanjut lagi monopolinya
lomba memasak; yang dinilai adalah rasa, tampilan, & presentasi
lho, kok kami makan masakan kelompok lain sih? emang kenapa ya.. he he he...
ditutup dengan pemaknaan aktivitas hari pertama


Cerita berlanjut pada hari kedua, apa ituuuu... ini diyaaa...

masak sendiri, Mas? nanti bagi ya...
pemanasan asyik sebelum olah badan
segmen pagi sebelum cari modal lagi supaya menang

hiiii... flying fox



hati hati Bro

demi duit untuk monopoli

kok goyang goyang ya?
makin seru di segmen siang

ah, demi mempertahankan dan merebut "lahan bisnis" kompetitor, Yuk kita perang sadja.

cerita berakhir dengan senyum gembira karena ternyata kita "ONE TEAM-ONE SPIRIT"

Yak, begitulah teman-teman sekelumit cerita tentang bagaimana menyinergikan permainan-permainan asyik dalam konteks keakraban momen pelatihan. 

Pendek cerita, proses hari kedua berakhir dengan pemaknaan, ditutup dengan makan siang meriah 
Syukurlah karena di akhir proses semua peserta sangat berkesan dengan proses yang sudah mereka alami, walau harus jatuh, bangun, kecebur, melayang, tegang dan sebagainya. dan yang tak kalah penting semua pengalaman 2 hari tersebut ternyata bisa menginspirasi mereka untuk lebih teliti, berani, dan kreatif dalam menjalankan bisnisnya.

Yak, begitulah teman-teman sekelumit cerita tentang bagaimana menyinergikan permainan-permainan asyik dalam konteks keakraban momen pelatihan. 

Bagi teman-teman yang tertarik membuat acara pertemuan/ gathering/ training/ rekreasi yang asyik dan kreatif sesuai karakter perusahaan/ peserta, silakan bisa kontak saya: Agustinus Susanta, di agustinussusanta@yahoo.com / 08127397697 /  https://www.facebook.com/agustinus.susanta  untuk berbagi gagasan.

Oh ya, bagi yang penasaran tentang aturan main monopolinya, untuk mengatasi kepenasarannya, silakan klik di http://catatanpenggiatoutbound.blogspot.com/2014/01/bagaimana-monopoli-bisnis-spare-part.html

Sampai jumpa di petualangan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar