yuk main-main....

Informasi lebih rinci silakan hubungi 08127397697 atau melalui email playonsriwijaya@gmail.com

Kamis, 30 Januari 2014

Bagaimana Cara "MONOPOLI" Bisnis Spare Part Kendaraan?

Teman-teman pembaca, cerita ini terkait dengan http://catatanpenggiatoutbound.blogspot.com/2014/01/monopoli-bisnis-spare-part-kendaraan.html lho, sungguh.


Tujuan Konseptual Permainan

Mengembangkan wawasan entrepreneurship tiap pemain yang meliputi semangat: 
  • Daya analisa dan perhitungan, 
  • Keberanian mengambil resiko, 
  • Kemampuan negosiasi, dan 
  • Kejujuran

Tujuan Operasional Permainan

Tiap pemain/ kelompok mengumpulkan kekayaan setinggi mungkin. Kekayaan berupa uang tunai atau aset.

Prinsip Permainan

Bermain-main dengan serius secara jujur dengan mengombinasikan segenap kemampuan untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

Yang terlibat

1.       Pemain, bisa berupa perseorangan atau kelompok.
2.       Regulator, merupakan pihak yang memfasilitasi/ memoderatori permainan. Regulator bisa dibantu oleh tim yang mengawasi jalan permainan.
3.       Bank, adalah pendukung regulator yang berperan:
a.       Memberi/ menerima uang pada/ dari pemain sesuai hak/ kewajibannya.
b.      Menjual petak kota/ iklan
c.       Menjual Agensi

Persiapan

1.       Perkenalan siapa akan berperan sebagai apa dalam konteks permainan.
2.       Penjelasan tentang tujuan konseptual, tujuan operasional, prinsip, dan tahapan permainan.
3.       Gelar lapak , bagikan modal awal (atau dengan games tertentu)

Teknis permainan

1.       Permainan dimulai dari petak Mulai.
2.       Tiap pemain bergantian melangkah sesuai hasil guncangan 2 dadu; jika terjadi hasil dadu yang sama (misalnya 4 dan 4) maka pemain tersebut boleh bermain kembali sampai keluaran dadunya berbeda.
3.       Rute perjalanan searah jarum jam.
4.       Jika pemain masuk ke suatu petak kota/ iklan yang belum dimiliki pemain lain, maka dia bisa:
a.       Langsung membeli petak tersebut sesuai harga yang tercantum, atau
b.      Membuka kesempatan pada semua pemain untuk menawar lokasi tersebut. Penawar tertinggi (bisa sama, di atas atau di bawah bandrol harga) berhak mendapatkannya. Dalam hal ini, pemain bersangkutan boleh ikut member penawaran.
5.       Jika pemain masuk ke petak “Lokak Apo?” maka dia harus memilih 1 kartu “Lokak Apo?” Pemain yang bersangkutan harus mengikuti instruksi yang ada dalam kartu tersebut.
6.       Jika pemain masuk ke petak “Parkir Bebas” maka dia boleh menuju petak tertentu dan bisa melakukan transaksi/ pembelian.
7.       Pemain yang mendapat giliran bermain/ memegang dadu berhak:
a.       Melempar dadu untuk menjalankan bidak, atau dan
b.      Mengajak pemain lain untuk transaksi.
8.       Transaksi adalah kesepakatan antar pemain, bisa berupa:
a.       Pertukaran petak dengan petak, atau
b.      Pertukaran petak dengan petak, ditambah sejumlah uang.
c.       Jual beli petak (petak ditukar uang)
9.       Jika satu pemain sudah selesai melakukan perpindahan bidak/ transaksi dalam suatu kesempatan bermain, maka giliran bermain diberikan pada pemain lainnya secara berurutan.
10.   Regulator bisa membuka kesempatan transaksi bebas atau lelang petak bagi semua pemain dalam waktu bersamaan.
11.   Pemain yang masuk ke petak yang sudah dimiliki oleh pemain lain, wajib membayar sewa pada pemiliknya sesuai ketentuan.
12.   Harga sewa singgah suatu kota yang pemiliknya punya kota-kota lain dalam provinsi tersebut adalah 2 kali lipat dari harga normal.
13.   Jika pemain sudah memiliki semua Lokasi/ Kota dalam satuProvinsi” maka dia baru bisa membuka 1 – 5 agensi.  Artinya jika satu pemain sudah mendapatkan semua kota dalam satu provinsi baru bisa membuat agensi pada tiap kotanya.
14.   Agensi didirikan pada kota yang berstatus aktif atau tidak sedang dihipotekkan/ digadaikan. Untuk mendirikan Agensi, pemain membayar sejumlah biaya pada bank. Agensi bisa didirikan bertahap mulai dari bintang 1 atau sekaligus sampai bintang 5.
15.   Secara prinsip, jika dalam suatu kota punya makin banyak agensi di sana, maka harga sewanya makin tinggi.
16.   Untuk mendapatkan sejumlah uang dari bank, Pemain bisa menggadaikan petak kota/ iklannya. Pemain tersebut bisa menebus kembali petak kota/ iklannya dengan membayar pada bank sesuai ketentuan. Pemain lain yang masuk pada petak yang dihipotekkan/ digadaikan tidak perlu membayar sewa.
17.   Secara prinsip, pemain/ kelompok yang mendapat giliran main bisa melakukan:
a.       Pembelian petak secara langsung,
b.      Tidak membeli petak, tapi menawarkan pada pemain lain yang berminat dengan lelang terbuka.
c.       Mau membeli petak, tapi juga menawarkan pada pemain lain dengan lelang terbuka.
d.      Bertransaksi dengan salah satu pemain lain.
e.      Mendirikan atau menambah jumlah agensinya.
f.        Menjual agensinya,
g.       Menghipotekkan/ menggadaikan petaknya pada bank untuk memperoleh sejumlah uang tunai,
h.      Menebus hipotek/ gadaian petaknya pada bank dengan sejumlah uang, supaya statusnya bisa aktif lagi
18.   Pemain tidak bisa berhutang, baik pada bank atau sesama pemain.
19.   Bagaimana jika seorang pemain kekurangan uang untuk membayar sewa/ kewajiban pada pemain lain atau pada bank? Alternatif untuk mendapatkan uangnya adalah:
a.       Dia menjual satu persatu agensi yang dimilikinya pada bank (sesuai harga belinya)
b.      Transaksi; dia menjual petak lokasi/ iklan pada pemain lain (siapa tahu ada yang mau beli)
c.       Dia menggadaikan petak yang dimilikinya pada bank.
Jika dia sudah melakukan semua usaha di atas, namun masih kekurangan uang untuk membayar sewa/ kewajiban, maka dia dinyatakan bangkrut, alias kalah.
20.   Pemain yang bangkrut harus menyerahkan semua aset (yang sudah digadaikan) pada pihak yang membangkrutkannya; Pemain lain atau Bank.
21.   Pemain yang sudah bangkrut tidak bisa bermain lagi. Permainan dilanjutkan oleh mereka yang masih punya kekayaan.
22.   Permainan berakhir jika:
a.       Hanya tinggal 1 pemain yang ada, sementara yang lain sudah bangkrut, atau.
b.      Ketentuan waktu permainan sudah berakhir (misalnya ditentukan waktu permainan 3 jam, maka setelah 3 jam bermain, maka permainan dihentikan)

Perhitungan

23.   Jika permainan selesai  karena  waktu permainan sudah berakhir, maka untuk menentukan pemenang, semua pemain (yang masih ada) dihitung kekayaannya yang meliputi:
a.       Uang tunai,
b.      Aset berupa agensi (dihargai sesuai harga beli)
c.       Aset berupa petak lokasi/ iklan (dihargai sesuai harga dasar) Petak yang dihipotekkan/ digadaikan tidak masuk dalam kekayaan yang dihitung.

Pemain/ kelompok terkaya dinyatakan sebagai pemenang



1 komentar:

  1. Bayar Pakai Dengan Pulsa AXIS XL TELKOMSEL

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vit
    Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q

    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
    Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino

    Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY

    Whatsapp : 0812-222-2996

    POKERVITA

    BalasHapus